Translate

Monday, February 18, 2008

Books "HARI-HARI BAHAGIA DI BULLERBYN"

Judul Asli : MERA OM OSS BARN I BULLERBYN
Copyright (c) by Saltkrakan AB / Astrid Lindgren
Illustration by Ilon Wikland
Alih Bahasa : Purnawati Olsson
Cover : Eduard Iwan Mangopang
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-2 : September 2002 , 136 hlm
Rate : 3 of 5 

"Kami anak-anak desa Bullerbyn. Namaku Lisa. Aku bersama kedua kakakku, Lasse dan Bosse tinggal di Pondok Tengah dengan ayah dan ibu serta Agda - pembantu kami dan Oskar - pekerja ladang kami. 

Teman-temanku Britta dan Anna tinggal di Pondok Utara bersama ayah dan ibunya serta Kakek (kakek Britta dan Anna, tapi juga kakek semua anak yang tinggal di Bullerbyn, soalnya hanya ada satu kakek di desa kami), juga Kelle-pekerja ladangnya. 

Selain itu di Pondok Selatan tinggal Olle (seusia dengan Bosse) yang baru saja memiliki adik baru perempuan (karena masih bayi dan belum bisa berbicara jadi tidak masuk hitungan, walau Olle menganggap adiknya adalah makhluk terpenting di dunia). 

Itu semua belum termasuk hewan-hewan peliharaan kami, anjing, kucing, ayam, lembu, kuda, kambing, babi dan kelinci. Rumah kami saling berdekatan, hanya dibatasi pohon-pohon. Jadi setiap hari kami bisa bertemu, berangkat ke sekolah dan bermain bersama. Selain itu kami merayakan Natal bersama & menunggu datangnya Tahun Baru bersama pula. 

Ada-ada saja hal baru yang kami alami di Bullerbyn. Seperti ketika berpesta di rumah bibi Jenny di hari minggu sesudah Natal. Rumah bibi Jenny jauh sehingga kami harus mengendarai kereta salju berjam-jam lamanya, namun acaranya selalu menyenangkan. 

Hal-hal lain seperti Lasse yang selalu membuat ulah, contohnya saat ia membual bermain seluncur sehingga tercebur hampir tenggelam di danau-untung Bosse cekatan menolongnya sehingga Lasse menghadiahkan prajurit timah kesayangannya (bagaimanapun Lasse khan berhutang budi pada Bosse). 

Yang menyenangkan juga terjadi saat pesta perayaan Paskah atau saat aku & Anna berbelanja seorang diri (wuih, ternyata cukup merepotkan harus bolak-balik gara-gara titipan pesanan yang banyak). Ada juga yang menegangkan saat berburu hantu air atau mencari harta terpendam. 

Bahagia sekali rasanya tinggal di Bullerbyn. Kebahagiaan kami bertambah ketika Olle mendapat adik perempuan mungil yang manis bernama Kerstin, apalagi ketika kami merayakan pesta ulang tahun kakek ke-80. Hanya ada sedikit masalah ketika kami berusaha menuruti nasehat ibu guru yang berpesan agar kami selalu berusaha membahagiakan orang lain, namun saat kami mencoba melakukannya, ternyata ...."

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.