Translate

Friday, February 22, 2008

Books "MADICKEN & LISABET"

Judul Asli : MADICKEN OCH JUNIBACKENS PIMS
Copyright (c) by Saltkrakan AB / Astrid Lindgren
Illustration by Ilon Wikland
Alih Bahasa : Listiana Srisanti
Cover : Eduard Iwan Mangopang
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-3 : Agustus 2003 , 256 hlm
Rate : 5 of 5

"Banyak hal penting yang harus dipersiapkan oleh Madicken terutama sebelum perayaan Pesta Api. Tapi yang terpenting adalah ia harus segera berbelanja sepatu sandal baru yang hendak di gunakan saat pesta terutama karena Abbe berjanji akan datang ke pesta. Tapi sebelum itu Madicken menghadapi berbagai masalah, seperti ibu yang tidak bisa menemaninya berbelanja sepatu karena akhir-akhir ini selalu pusing dan mual-mual. Atau saat perseteruannya dengan kakak beradik Mia dan Mattis yang jorok sampai pada perkelahian hebat dan akhirnya Madicken terjebak taruhan gila-gilaan dengan Mia hingga menerima tantangan untuk berjalan sepanjang atap sekolah tepat pada saat Kepala Sekolah sedang tidur mendengkur tepat di bawahnya.
Belum lagi masalah Paman Nilsson yang terjerat utang besar hingga Bibi Nilsson harus tubuhnya kepada Dokter Berglund karena hanya dar jualan kue Abbe tidak mampu mengumpulkan uang sampai 200 krona. Belum lagi kebiasaan buruk Paman Nilsson yang akhirnya membawa korban, putra satu-satunya-Abbe, tenggelam saat terjadi banjir badai. Juga Alva yang terlibat perselisihan kecil dengan Bu Wali Kota saat membeli ikan yang mengakibatkan permasalahan di pesta dansa Musim Gugur yang diselenggarakan oleh bu Wali Kota.
Namun berkat pembelajaran dan kasih sayang yang diajarkan keluarganya, Madicken mampu menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Mia dan Mattis yang awalnya musuh besar, sekarang mereka semua menjadi sahabat ketika mereka terlibat dalam acara pembasmian kutu di Junibacken. Masalah hutang keluarga Nilsson bisa dibantu dari hasil lotre yang dimenangkan Madicken (tentu saja ia tidak memberitahu asal uang tersebut). Dan Paman Nilsson kapok dan berjanji tidak mengulangi kebiasaan buruknya asalkan Abbe selamat.

Bahkan pengalaman di acara pesta dansa memberikan kenangan indah bukan hanya bagi Alva tapi juga Madicken dan keluarganya - karena Alva bukan sekedar pembantu tapi jika orang yang disayangi oleh Madicken dan Lisabet. Dan yang paling menggembirakan adalah ternyata ibu tidak sakit parah tetapi akan memberikan adik baru kepada mereka dan pada malam natal, lahirlah bayi perempuan cantik - si kecil Kajsa , hadiah natal teristimewa yang pernah mereka dapatkan.
Dari semua kejadian, yang paling berkesan bagi Madicken ketika ia berhasil menyelamatkan adik bayinya Kajsa dari tangan pak Lindkvist yang mengalami gangguan jiwa dengan menukarnya dengan seekor anak kucing (pak Lindkvist sebelumnya pernah juga mencoba membawa Lisabet sebelum ditemukan oleh ibu). Tapi sekarang yang terpenting sekarang semua anggota keluarga Junibacken telah berkumpul bersama merayakan Pesta Api yang pertama bagi si kecil Kajsa."


No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.