Translate

Wednesday, July 3, 2013

"BACK TO CHILDREN CLASSIC'S LITERATURE" [ Update Post ]

BACK TO CHILDREN CLASSIC’S LITERATURE 
[ UPDATE READING POST ]

Ok, sudah pada tahu tentang event khusus Membaca Bersama Bacaan Klasik Anak-Anak selama bulan Juli 2013 ini ? Jika belum, silahkan berkunjung di SINI untuk mengetahui cara dan syarat untuk mengikutinya.

Salah satu pengaruh besar yang membawaku sebagai bookaholic berat, dimulai semenjak kanak-kanak, terutama setelah diriku sudah bisa membaca dan menulis. Percaya tidak bahwa dulu, diriku mengalami kesulitan besar dalam membaca (beneran ini) sampai Mama yang notabene guru, menyerah dalam mengajariku, dan ‘memberikan’ anaknya pada salah satu kenalan guru yang bersedia memberikan bimbingan private. Secara persisnya bagaimana aku juga tidak seberapa ingat, namun hasilnya memuaskan (terutama bagi kedua orang tuaku), bahkan tampaknya hasilnya ‘kelewat’ manjur karena semenjak itu diriku tak pernah lepas dari namanya buku.

Kecintaan terhadap buku bukan sekedar hobi / kesukaan sesekali. Hal ini tanpa sadar dipupuk oleh kedua orang tuaku, yang alih-alih memberikan kompensasi hadiah berupa mainan (yang mudah rusak dan cepat bikin bosan), justru mengajak ke toko buku (waktu itu hanya ada Gramedia) setiap nilai raport bagus / minimal masuk 10 besar. Melakukan kilas balik, diriku yang telah beranjak dewasa sempat menanyakan alasan pilihan tersebut kepada mereka, dan jawabannya : Mainan mahal dan mudah rusak, lagipula jika dibiasakan menuruti kemauan anak yang selalu ‘kepengen’ melihat mainan baru teman-temannya, bisa bangkrut donk ...

Pembelajaran ini yang entah mengapa jadinya (tanpa sadar) juga tertanam di benak anak-anaknya. Jadi jika liburan panjang tiba, daripada menghamburkan uang keluar kota atau membeli mainan (untungnya dulu belum muncul mall sebanyak ini hehe), kita berkunjung ke toko buku (yang menyediakan tempat untuk membaca bagi anak-anak), atau perpustakaan. Paling senang jika bisa ‘pinjam’ teman / tetangga yang kebetulan suka sewa bundel majalah Bobo, Donal, Kawanku, Hai, Anita Cemerlang sampai bundel komik dan silat Kho Ping Ho ... (jadi kangen baca bacaan seperti itu lagi).

Karena itu, salah satu alasan utama diriku mengadakan Reading Challenge untuk Children’s Literature sepanjang tahun 2013  bersama dengan Bzee, adalah untuk memenuhi keinginan ‘back-to-childhood-for-a-while’ meski harus mencari sela waktu diantara kesibukan. Khusus untuk bulan Juli, kita akan kembali pada bacaan klasik yang bukan notabene bacaan orang dewasa, ada pula sebagian besar yang cocok untuk diperkenalkan semenjak usia dini. Untuk bulan ini, ada beberapa daftar buku yang akan ku-prioritas membaca sekaligus membuat ulasannya, yaitu :
  • The Little Women – Louisa May Alcott
  • Good Wives – Louisa May Alcott
  • Little Men – Louisa May Alcott
  • Eight Cousins – Louisa May Alcott
  • Daddy-Long-Legs - Jean Webster
  • Dear Enemy - Jean Webster
  • Just Patty - Jean Webster
  • When Patty Went To College - Jean Webster
  • A Little Princess - Frances Hodgson Burnett
  • The Happy Prince - Oscar Wilde 
Semoga bisa terselesaikan semuanya, apalagi dalam bulan ini, target bacaan anak-anak yang masuk kategori Newbery Award juga mulai kujalankan (sebuah proyek pribadi lain yang tak kalah menariknya, jika tertarik untuk bergabung, silahkan berkunjung di SINI).

Nah, bagaimana dengan rencana bacaan kalian dalam bulan Juli ini ?

Best Regards,

Hobby Buku   

2 comments:

  1. Bookmark + share dulu linky-nya ah... :p

    ReplyDelete
  2. Mbak, mau ikut tapi telat masukin link-nya. Huhu... Ini link saya kalau masih bisa nyusul. Kalau nggak bisa juga gak apa2 :D

    http://berceritabuku.blogspot.com/2013/08/back-to-children-classics-literature.html#more

    ReplyDelete

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.