Translate

Wednesday, October 2, 2013

Books "ESIO TROT"

Books “ARUK-ARUK”
Judul Asli : ESIO TROT
Copyright © Roald Dahl Nominee Ltd, 1990
Ilustrations copyright © Quentin Blake, 1990
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Poppy Damayanti Chusfani
Cetakan I : April 2006 ; 72 hlm ; ISBN 979-22-2091-7

Mr. Hoppy mencintai dua hal dalam hidupnya. Satu, adalah aneka tanaman serta bunga-bunga yang dirawat dan dipelihara dengan cermat di atas balkon apartemennya. Yang kedua, adalah sebuah rahasia yang terpendam dalam-dalam di lubuk hatinya. Mr. Hoppy telah jatuh hati pada wanita menarik yang tinggal di apartemen persis di bawah apartemennya. Pertemuan mereka selama ini sebatas saling menyapa saat Mr. Hoppy menyirami dan menyiangi tanamannya, sedangkan Mrs. Silver – yang menarik hatinya, sibuk mengurus buah hatinya : Alfie di pelataran balkonnya.



Mrs. Silver sangat menyayangi Alfie. Ia menyediakan rumah mungil nan indah untuk Alfie (meski ia memiliki tempat tinggal tetap berupa batok tempurung yang keras). Makanan untuk Alfie disiapkan secara khusus, berupa lembaran tengah daun selada yang gurih, seiris tomat segar dan sebatang seledri renyah. Jika ada yang dikeluhkan oleh beliau, hanyalah pertumbuhan Alfie yang sangat-sangat-sangat-lambat. Hingga kini beratnya hanya mencapai 13 ons meski Mrs. Silver selalu memberikan pilihan nutrisi yang bergizi bagi Alfie.

Ketika hal yang merisaukan Mrs. Silver didengar oleh Mr. Hoppy, sebuah ‘lampu’ menyala dalam benaknya. Akhirnya Mr. Hoppy menemukan cara untuk melakukan pendekatan terhadap wanita yang dicintainya, tanpa mengusik rasa pemalu yang membuatnya selalu ‘terdiam’ saat menatap wanita itu. Mr. Hoppy menawarkan sebuah mantra unik yang akan membuat Alfie tumbuh semakin besar dengan lebih cepat. Meski awalnya sedikit ragu-ragu, Mrs. Silver mencoba melakukannya. Dan tahukah Anda, ternyata hal itu berhasil, Alfie semakin tumbuh lebih cepat hingga tak lagi bisa memasuki rumah indah yang diberikan oleh Mrs. Silver.

Mau tahu mantra yang digunakan ? Simak dan hafalkan ‘mantra-membesar’ ala Mr. Hoppy berikut ini :
Aruk-aruk, Aruk-aruk,
Rasebmem, halrasebmem !
Haloya, Aruk-aruk,
Hubmut, gnabmek, rakem !
Raseb, kakgneb, gnubmeg !
Nalet ! Kaggnet ! Haynuk ! Kuuget !
Tarebmem, Aruk-aruk, tarebmem !
Oya, oya ! nalet nanakam !

Note : Jika kalian masih belum bisa menebak makhluk apakah gerangan Alfie ini, bisa ditebak dari judul buku ini merupakan ‘anagram’ dari tokoh utama dari kisah ini, ayo ... bermain-main sedikit dengan menyusun huruf demi huruf hingga tepat (jangan ngintip covernya dulu ya) 

[ more about the author and related works, just check at here : To-Know About Road Dahl | Roald Dahl Read-A-Long & Giveaway | Roald Dahl’s Site | on Wikipedia | on Goodreads | on IMDb | Roald Dahl's FanClub ]

~ This Post are include in ROALD DAHL’s READ-A-LONG ~


Best Regards,

* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.