Translate

Wednesday, October 2, 2013

Books "THE GIRAFFE & THE PELLY & ME"

Books “SI JERAPAH & PELLY & AKU”
Judul Asli : THE GIRAFFE & THE PELLY & ME
Copyright © Roald Dahl Nominee Ltd, 1985
Ilustrations copyright © Quentin Blake,1985
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Poppy Damayanti Chusfani
Cetakan I : Agustus 2006 ; 80 hlm ; ISBN 979-22-2313-4

Rumah kayu kosong di tempat tinggal Billy selelu menarik perhatiannya. Terutama semenjak ia mengetahui bahwa dulunya THE GRUBBER– nama tempat itu, merupakan sebuah toko permen yang sangat mengasyikkan. Namun kini tempat itu kosong dan ada tulisan DIJUAL pada salah satu jendelanya. Dan suatu hari, tulisan itu berubah menjadi KEJUAL, menghapuskan impian Billly bahwa nantinya ia yang akan membeli tempat itu dan merubahnya menjadi toko permen yang lebih menakjubkan.



Saat Billy sedang memandangi tulisan baru sambil melamun, mendadak aneka barang aneh terlempar keluar dari dalam bangunan itu. Mulai dari bak mandi besar, toilet porselen, wastafel dapur kuda-kudaan kayu hingga tempat tidur bertiang empat, semuanya melesat beterbangan keluar dari jendela. Dan di sanalah Billy bertemu dengan penghuni baru bangunan yang kini bertuliskan PERUSAHAAN PEMBERSIH JENDELA TANPA TANGGA.

Tiga sosok penghuni baru itu ternyata si Jerapah yang cantik dan lembut, si Pelly yang periang dan tukang ribut serta si Kera yang suka menyanyi dan menari. Mereka adalah trio para pembersih jendela tanpa tangga, dan mereka sedang mencari pekerjaan. Harapan mereka segera terkabul ketika muncul sopir mobil Rolls-Royce yang membawa pesan dari Yang Mulia Duke of Hampsire, yang mencari pembersih kaca yang bagus selama 5o tahun, untuk mengurus 677 jendela kediamannya (belum termasuk rumah kaca).

Tanpa menunggu lebih lama, berangkatlah si Jerapah, si Pelikan, si Kera dan Billy, menuju Hampsire House. Kedatangan rombongan aneh ini mengejutkan sang Duke – seorang pria tua dengan kumis putih yang luar biasa besar dan suka sekali berteriak-teriak (terutama saat perintahnya tidak segera dituruti). Ketika sang Duke sedikit skeptis dengan kemampuan trio pembersih jendela tanpa tangga ini, sebuah demonstrasi menakjubkan membuat semua yang melihat sangat takjub dengan kemampuan trio ini. Hingga sebuah masalah muncul, melibatkan pencurian batu permata dan penangkapan seru.

Buku ini lumayan tipis, namun sangat menarik sekaligus menggelitik akibat ulah Si Jerapah, si Kera dan terutama si Pelly yang tak pernah kehabisan akal. Ilustrasi mengagumkan dari Quentin Blake, menggambarkan dengan tepat ide-ide yang ditulisakn oleh Roald Dahl, menambah daya tarik tersendiri dan menggugah imajinasi. Misalnya bagaimana leher si Jerapah yang bisa memanjang sampai kapan pun (mirip tangga pemadam kebakaran yng bisa memanjang, naik hingga tinggi sekali).

Atau si Kera yang mirip kawat berbulu karena sangat kurus (tapi sungguh imut). Dan jangan lupakan si Pelly yang memiliki paruh sangat besar (hingga Billy bisa masuk di dalamnya) serta katup atas yang bisa bergulung bagai pintu ‘rolling’ garasi. Aneka dialog serta percakapan aneh yang hanya bisa ditulis oleh Roald Dahl, bakal membuat pembaca tersenyum simpul hingga tertawa terbahak-bahak.
“Kita jauh dari laut, tapi ada tukang ikan di desa tak jauh dari sini,” jawab Billy.
“Apa ikan ?”
“Tukang ikan.”
“Apa pula itu ?” tanya si Pelly. “Aku pernah dengar ada pai ikan, perkedel ikan, dan keripik ikan, tapi aku belum pernah mndengar tentang tukang ikan. Apakah tukang ini enak dimakan ?”
[ more about the author and related works, just check at here : To-Know About Road Dahl | Roald Dahl Read-A-Long & Giveaway | Roald Dahl’s Site | on Wikipedia | on Goodreads | on IMDb | Roald Dahl's FanClub ]

~ This Post are include in ROALD DAHL’s READ-A-LONG ~


Best Regards,

* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.