Translate

Tuesday, October 1, 2013

Books "THE MAGIC FINGER"

Books “JARI AJAIB”
Judul Asli : THE MAGIC FINGER
Copyright © Roald Dahl Nominee Ltd, 1966
Ilustrations copyright © Quentin Blake,1966
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Listiana Srisanti
Cetakan II : Juni 2003 ; 80 hlm ; ISBN 979-686-757-5

Ini adalah kisah tentang seorang gadis cilik berusia 8 tahun, yang tampak sebagaimana layaknya gadis normal seusianya. Kecuali saat ia sedang marah dan dilanda emosi kuat, sebuah kekuatan aneh muncul dari dalam tubuhnya dan mengalir keluar melalui jarinya. Siapa saja yang menjadi sasaran ‘jarinya’ akan mengalami nasib aneh dan bisa cukup membahayakan.

Salah satu bukti kekuatan ‘jari ajaib’ adalah Mrs. Winter, guru sekolahnya, yang membuatnya marah karena mengatakan dirinya ‘anak- bodoh’ maka ketika setelah itu ia memiliki ‘kumis-misai’ di kanan-kiri wajahnya, serta sebuah ekor lebat di balik punggungnya. Gadis cilik ini berusaha keras untuk tidak marah atau emosi, karena kekuatan ‘jari-ajaib’ tak bisa diduga reaksi apa yang muncul pada para korbannya.



Tapi sangat sulit menahan amarah, terutama jika dirimu masih anak-anak. Dan suatu hari, korban berikutnya tidak lain keluarga Gregg – tetangga pemilik pertanian di sebelah pertaniaan keluarganya. Dipicu oleh kemarahan akibat kegemaran Mr. Gregg serta kedua putranya Phillip dan William yang gemar berburu, menembak aneka unggas terutama burung dan itik liar, maka sekali lagi ‘jari-ajaib’ beraksi.

Kisah ini cukup menarik, dengan mengangkat tema untuk tidak sembarangan ‘menghabisi’ nyawa makhluk lain (terutama hewan liar) hanya demi kesenangan belaka. Dengan cerdik, penulis memberikan contoh bagaimana jika pengalaman yang tak menyenangkan terjadi pada diri kita, manusia yang selalu muncul sebagai sosok superior dibandingkan mahluk hidup lain. Bagaimana seandainya diri kita bukan berperan sebgai pemburu dan pemangsa, melainkan dibalik sebagai buruan yang disiksa dan dihabisi nyawanya ?

Meski agak sedikit menyinggung tema tentang penggunaan senjata (yang kurang tepat bagi pembaca anak-anak) namun pesan moral kisah ini bisa menjadi bukan sekedar dongeng fantasi belaka, melainkan juga kesempatan untuk mengingatkan bahaya yang diakibatkan penggunaan senjata api (dalam kisah ini senpan berburu). Lalu bagaimana dengan nasib keluarga Gregg setelah terkena kutukan ‘jari-ajaib’ – bisakah mereka selamat dan kembali menjalani kehidupan normal ? Simak petualangan mereka dalam kisah ini (^_^)

[ more about the author and related works, just check at here : To-Know About Roald Dahl | Roald Dahl Read-A-Long & Giveaway | Roald Dahl’s Site | on Wikipedia | on Goodreads | on IMDb | Roald Dahl's FanClub ]

~ This Post are include in ROALD DAHL’s READ-A-LONG ~


Best Regards,

* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.