Translate

Wednesday, December 4, 2013

Books "GIRLS IN LOVE"

Books “JATUH CINTA”
Judul Asli : GIRLS IN LOVE
[ book 1 of Girls Series ]
Copyright © Jacqueline Wilson, 1997
Penerbit Atria
Alih Bahasa : Ferry Halim
Editor : Indah N.
Ilustrator : Ony Marga
Lay-out : Aniza Pujiati
Cetakan I : Februari 2009 ; 196 hlm ; ISBN 978-979-1411-36-3
Rate : 3 of 5

Meet Eleanor ‘Ellie’ Allard – gadis manis berusia 13 tahun, duduk di bangku kelas sembilan di London. Hidup Ellie tampak biasa-biasa saja, kecuali fakta bahwa ibu kandungnya meninggal saat ia kecil, dan ayahnya menikah kembali dengan Anna, wanita cantik dan menarik, pendiam dan baik hati, dan mereka kini memiliki putra bernama Benedict yang lebih akrab dipanggil Eggs. Hubungan Ellie dengan anggota keluarganya berjalan dengan baik, meski ia tetap tak mampu menganggap Anna sebagai ibunya.

Kisah dimulai ketika Ellie beserta dua sahabatnya, Nadine (14 tahun) dan Magda (14 tahun) bertemu kembali setealh berpisah selama liburan panjang. Jika Ellie digambarkan memiliki wajah bulat, kacamata bulat dan bentuk tubuh pendek dan (nyaris) bulat, maka Nadine yang kurus dan langsing, selalu berpenampilan wajah dan kulit putih pucat, rambut panjang hitam kelam, dengan dandanan serba gelap. Ia adalah sahabat Ellie semenjak mereka masih kanak-kanak. Kemudian Magda, yang cantik, sexy dan selalu berpenampilan modis dan berani, terutama untuk menarik perhatian kaum cowok.



Trio yang unik ini cukup akrab dan selalu bersama-sama dalam setiap kesempatan ... hingga terjadi sesuatu yang merubah itu semua. Nadine kini memiliki pacar. Cowok keren berusia 18 tahun dan sudah kuliah. Entah apa yang merasuki benak Ellie (selain rasa iri sekaligus takjub) ketika ia juga mengaku ‘sudah’ memiliki pacar bernama Dan yang berpenampilan mempesonakan. Bahkan Magda pun ingin memiliki pacar, dan akhirnya langsung bisa menggaet (sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh Magda), salah satu teman sekolah mereka yang cukup culun menjadi pasangannya.

Permasalahannya, Ellie telah berbohong ... well sepenuhnya benar, karena memang benar ada pemuda bernama Daniel yang dikenalnya saat berlibur di Wales, yang sangat-sangat menyukainya dan menganggap dirinya calon sempurna sebagai pacar Ellie. Yang tidak disebutkan oleh Ellie, Dan tidak tampan atau menarik. Alih-alih ia merupakan cowok kutu buku yang aneh, suka sekali berbicara dan usianya masih 12 tahun !!! Namun Dan tinggal di belahan kota lain, ia di Manchester sedangkan Ellie di London, jadi kemungkinan rahasianya terbongkar sangatlah kecil ... atau setidaknya demikianlah perkiraan Ellie.

Ini adalah buku pertama dari rangkaian seri Girls yang ditujukan bagi pembaca remaja (teens). Karya penulis Jacqueline Wilson yang terkenal akan tema-tema anak-anak dan remaja dalam dunia sosial di dunia nyata, menyoroti hal-hal yang terjadi dalam pergolakan pencarian jati diri hingga usaha meraih popularitas. Disampaikan dengan gaya penuturan sudut pandang gadis cilik bernama Ellie, yang sedang dalam proses pencarian jati diri dalam lingkungan pergaulannya, kisah yang sederhana nan kompleks, mampu mengundang daya tarik tersendiri bagi pembaca, terutama penggemar JW (seperti diriku).

Kasus tentang hubungan seksual pada remaja di usia dini, pemilihan antara menikmati sekedar ‘pelukan’ dan ‘ciuman’ yang merambat kepada hubungan seksual demi reputasi popularitas, menjadi topik utama yang diungkapkan secara gamblang. Bagaimana para remaja mampu mengambil keputusan berdasarkan akal sehat, di saat pergulatan batin antara kebenaran serta keinginan untuk ‘diterima’ sebagai bagian dari kalangan popular, harus dilalui dengan jalan yang acapkali justru menjerumuskan pada bahaya yang akan merusak masa depan. Sekali lagi, penulis mampu menyajikannya dengan sangat menarik melalui kisah pendek yang cukup tajam ini.

[ more about the authors and related works, just check at here : ALL ABOUT JACQUELINE WILSON ]

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Thank You for visiting my blog & leave your comment in here (^o^) ... if you leave a backlink to your blog, I'll make sure to visit you back later on.